Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Giripeni

Artikel

Pemdes Giripeni menjalin keakraban dengan 'Blusukan"

05 Oktober 2019 10:59:15  Administrator  896 Kali Dibaca  Berita Desa

Giripeni (05/10/2019).  Kata blusukan secara etimologi berasal dari bahasa Jawa, dari kata dasar blusuk ‘masuk’ dan akhiran –an (afiks verba) yang berarti ‘masuk-masuk ke tempat tertentu yang jarang dikunjungi orang  untuk mengetahui sesuatu.  Seperti masuk ke hutan, semak, dan tempat terpencil.  Jika kita tinjau dari maknanya, istilah blusukan yang sering kita dengar di media massa berarti suatu kegiatan mengunjungi atau mendatangi masyarakat tanpa pemberitahuan terlebih dahulu yang bertujuan untuk melihat situasi dan kondisi di lapangan serta untuk melakukan komunikasi kepada warga masyarakat di sekitar tempat tersebut sekaligus menanggapi keluh kesah mereka. Istilah blusukan mulai dikenal dan tidak asing lagi di telinga seluruh masyarakat Indonesia  semenjak Jokowi, sapaan akrab Bapak Joko Widodo mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta hingga kini menjadi orang nomor satu di Indonesia.

Istilah blusukan memiliki citra positif di benak masyarakat karena memiliki makna kepedulian dan kedekatan seorang pemimpin dengan masyarakat. Meskipun demikian ada juga sebagian orang yang memandang negatif gaya blusukan ini. Mereka menganggap bahwa ini hanyalah cara seorang pejabat untuk meraih simpati masyarakat atau disebut juga pencitraan.

Blusukan bukanlah hal baru bagi Pemerintah Desa Giripeni karena kegiatan tersebut telah menjadi agenda rutin sejak tahun 2015 hingga sekarang, tepatnya setiap hari jumat minggu pertama dan ketiga di setiap bulannya.  Lokasi blusukan  dijadwal dalam setiap tahunnya.  Kegiatan ini melibatkan seluruh perangkat desa, Babinkamtibmas, Babinsa, perwakilan dari BPD, LPMD, PKK dan Karang Taruna.

Hari  jumat (04/10) lalu, rumah Dukuh Kalikepek menjadi titik kumpul blusukan. Pada pukul 06.30 WIB seluruh peserta sudah berdatangan, kemudian  doa bersama agar kegiatan dapat berjalan lancar yang dipimpin oleh Kepala Desa Giripeni, Priyanti. Kemudian rombongan mulai berjalan menyusuri wilayah Pedukuhan Kalikepek dengan penunjuk rute adalah Dukuh Kalikepek, Muthohir, sesekali mampir dan bercengkerama dengan warga sekitar dan mendengarkan keluh kesah mereka.  Memang dalam kegiatan blusukan Pemdes Giripeni ini selain untuk mendekatkan dan menjalin keakraban antara perangkat desa dengan warga,  juga untuk menerima  masukan dan  aspirasi secara langsung dari masyarakat. 

Kegiatan ini memang tidak lama hanya sekitar 1-1,5 jam dan menempuh jarak kurang lebih 2 km karena mengingat hari jumat adalah hari kerja sehingga kegiatan blusukan di usahakan tidak mengganggu pelayanan di kantor desa.  Pada pukul 08.00WIB rombongan sudah kembali ke rumah Dukuh Kalikepek selanjutnya bergegas menuju kantor Desa Giripeni.

 

(im-05)

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : JL. PAHLAWAN NO.59. WATES KULON PROGO
Kalurahan : GIRIPENI
Kapanewon : WATES
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55612
Telepon : 0274773230
Email : balaidesagiripeni@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:334
    Kemarin:512
    Total Pengunjung:207.830
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.16.130.1
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID

Dashboard

[removed][removed]