SELAMAT HARI LAHIR PANCASILA TAHUN 2022, "BANGKIT BERSAMA MEMBANGUN PERADABAN DUNIA", "DESA BISA"

Artikel

Nukhba, Duta Remaja Sehat asal Giripeni

27 Oktober 2019 17:10:07  Administrator  330 Kali Dibaca  Berita Desa

 El syarofa nukhbata az zahra atau yg biasa dipanggil Nukhba merupakan remaja asal Pedukuhan Dobangsan Desa Giripeni, yang pada tanggal 21 september 2019 lalu terpilih menjadi juara 3 Duta Remaja Sehat DIY. Nukhba yg saat itu menjadi juara 1 Duta Remaja Sehat Kabupaten Kulon Progo dikirim untuk mewakili di ajang Provinsi DIY.


Selepas terpilih menjadi duta remaja, Nukhba tdk tinggal diam. Beberapa kali Nukhba mengkampanyekan pola hidup sehat melalui sosialisasi di beberapa kelompok masyarakat. Mulai dari mengisi parenting PAUD dengan tema stunting dan gizi seimbang, mengisi sosialisasi di sekolah-sekolah sekitar Wates dengan tema beragam mulai dari napza, gizi seimbang, dampak anemia dan beberapa materi lain. Tugasnya sebagai Duta Remaja   Sehat menuntut Nukbha untuk aktif mempromosikan program2 kesehatan.

Masih berkaitan dengan tugasnya sebagai Duta Remaja, pada tanggal 24, 25 dan 26 Oktober kemarin, Nukhba menjadi salah satu narasumber pelatihan kader sebaya dan pembentukan posbindu sekolah di wilayah kerja Puskesmas kokap 1.

Tujuan dari kegiatan ini untuk membentuk wadah di sekolah agar memiliki kegiatan positif dan kader sebaya dapat melaksanakan tugas mengedukasi rekan sebayanya serta dapat melaksanakan posbindu di sekolah. Seperti diketahui bahwa dimana tujuan posbindu adalah untuk mencegah dan mendeteksi secara dini penyakit tidak menular. Posbindu di sekolah untuk menyasar remaja serta warga sekolah dengan usia produktif.
Rupanya peserta pelatihan antusias mengikuti dan mendapat informasi dari rekan sebayanya karena bahasanya lebih mudah diterima dan "nyambung" ngobrolnya.


Nukhba sendiri ketika ditanya tentang kegiatannya dia merasa senang karena ilmu yang diperoleh selama ini bisa bermanfaat tidak hanya untuk teman sebaya akan tetapi juga untuk kaum ibu. Menariknya alasan nukhba mengapa melakukan sosialisasi kepada kelompok ibu karena menurutnya ibu adalah penyedia utama gizi di rumah. Jadi ketika berbicara tentang gizi dan stunting kepada kelompok ibu dinilai sangat efektif. (Ws)

 

Kontributor: Ws,  Editor: im

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : JL. PAHLAWAN NO.59. WATES KULON PROGO
Kalurahan : GIRIPENI
Kapanewon : WATES
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55612
Telepon : 0274 773230
Email : balaidesagiripeni@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:105
    Kemarin:313
    Total Pengunjung:52.250
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.200.137.63
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

Statistik SID

Dashboard

[removed][removed]