Merti Dusun Pedukuhan Dobangsan

Administrator | 28 September 2019 23:00:54 | Berita Desa | 5 Kali

Warga pedukuhan Dobangsan Desa Giripeni  menggelar acara Merti Dusun dengan berbagai rangkaian acara dimana acara puncaknya yaitu pagelaran kethoprak "Timbul Mudho Budoyo" dengan lakon Dewi Sumekar.

Tradisi ini merupakan salah satu bentuk  rasa syukur masyarakat Dobangsan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen yang melimpah dan sumber mata air yg mencukupi. Kegiatan merti dusun diawali dengan menguras/tawu sendang di 4 tempat yaitu Sendang Gedhe, sendang Dadap Tulak, Sendang Mberan dan Sendang Gayam. Ke empat sendang tersebut merupakan sendang yang masih dijaga keasriannya dan untuk mencukupi kebutuhan air masyarakat Dobangsan. 

Acara selanjutnya adalah acara wiwitan, yang  digelar di area sawah saat panen perdana tanaman bawang merah. Ingkung, nasi gurih dan ingkung ayam jago jawa di arak warga ke tengah sawah. Ketua Adat memimpin acara tersebut, setelah berdoa bersama,  warga Dobangsan makan bersama-sama ditengah sawah. Selanjutnya Kerja bakti masal untuk membersihkan lingkungan juga penanaman pohon pengikatvair di sekitar sendang.

Pada tanggal 28 september 2019 menjadi malam puncak acara Merti Dusun Pedukuhan Dobangsan, acara ini di hadiri oleh  Perangkat Desa Giripeni dan BPD Desa Giripeni. Penonton tumpah ruah dalam acara tersebutm Pagelaran Kethoprak dari Paguyuban Kethoprak Mataram "Timbul Mudho Budoyo" menjadi acara penutup dari rangkaian acara Merti Dusun Pedukuhan Dobangsan Desa Giripeni tahun 2019.

(im-01)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : JL. PAHLAWAN NO.59. WATES KULON PROGO
Desa : GIRIPENI
Kecamatan : WATES
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55612
Telepon : 0274 773230
Email : balaidesagiripeni@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung