Selamat Datang di Website Resmi Kalurahan Giripeni

Artikel

Pelatihan Pertanian Terpadu dan Berkelanjutan

02 Oktober 2023 11:21:49  Admin Giripeni  479 Kali Dibaca  Berita Desa

Pelatihan Pertanian Terpadu dan Berkelanjutan atau Integrated Farming dibuka oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo,  Ir. Trenggono Trimulyo, MT. dan Lurah Kalurahan Giripeni, Iswanto Adi Saputro, S.E, di Aula Balai Kalurahan Giripeni, Selasa, 26 September 2023. Diikuti oleh 50 peserta dari Kalurahan Giripeni, pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari, Selasa, Rabu, dan Sabtu, 26, 27, dan 30 September 2023. 

Hari kedua pelatihan menghadirkan narasumber Bapak TO Suprapto selaku pemilik dari Joglo Tani Indonesia. Dalam pemaparannya, Pak TO  menjelaskan jika pertanian terpadu bisa dilakukan oleh siapa saja, asalkan punya modal awal dan modal dasar. Lima modal awal yang harus dimiliki yaitu, perubahan sikap konsumtif ke produktif, harus paham apa yang diinginkan, keterampilan dalam menangani masalah, manajemen, dan sarana.

Pelatihan kali ini mendapat kesempatan untuk studi tiru di Joglo Tani Indonesia. Joglo Tani merupakan tempat yang memberikan pelayanan edukasi khususnya masalah pertanian kepada masyarakat. Tempat ini memiliki model pertanian terpadu karena dalam satu lahan terdapat lahan untuk belajar pertanian, peternakan, perikanan, dan peternakan.

Pertanian terpadu merupakan sistem pertanian yang menggabungkan beberapa aspek pertanian seperti peternakan, perikanan, dan pertanian dalam satu wilayah dengan meniru pola siklus hidup alami. Pertanian terpadu merupakan suatu sistem pemanfaatan sumber daya lokal untuk melaksanakan kegiatan pertanian dimana seluruh hasil pertanian baik organik maupun limbah dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : JL. PAHLAWAN NO.59. WATES KULON PROGO
Kalurahan : GIRIPENI
Kapanewon : WATES
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55612
Telepon : 0274773230
Email : balaidesagiripeni@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:87
    Kemarin:496
    Total Pengunjung:212.968
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:52.15.63.145
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID

Dashboard

[removed][removed]