Selamat Datang di Laman Resmi Kalurahan Giripeni

Artikel

Gelar Genduri Akbar, Lapangan Giripeni Meriah

02 September 2024 15:51:38  Admin Giripeni  35 Kali Dibaca 

Genduri Akbar dan Lauching Kalurahan Budaya Giripeni di Gelar di Lapangan Giripeni, Sabtu, 31 Agustus 2023. Acara dimulai dengan Kirab Budaya dari Lapangan Kalikepek menuju Lapangan Giripeni. Sebanyak 50 kontingen atau 50 RT berpartisipasi dalam acara ini. Setiap kontingen menampilkan ciri khas dan kreativitas masing-masing, tak lupa rombongan kirab membawa angsang yang berisi nasi gurih, ingkung, dan pisang 1 tangkep. Setiap Padukuhan juga membawa gunungan yang nantinya akan dirayah bersama setelah prosesi umbul donga. 

Pada kesempatan kali ini, Drs. Eka Pranyata selaku Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Kulon Progo menyampaikan bahwa Kalurahan Budaya dapat menjadi ciri khas dan dapat menjadi sarana untuk melestarikan budaya. 

Kalurahan Giripeni resmi menyandang sebagai Kalurahan Budaya sejak Desember 2023. Dengan menggelar Genduri Akbar, menjadi salah satu menjaga adat dan tradisi yang Giripeni punyai.Genduri merupakan upacara adat dan tradisi sebagai wujud syukur atas nikmat yang telah diberikan. Sebanyak 2500 peserta dari berbagai kalangan dari anak-anak hingga dewasa, merupakan bukti nyata bahwa kebudayaan dapat menyatukan berbagai elemen masyarakat. 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : JL. PAHLAWAN NO.59. WATES KULON PROGO
Kalurahan : GIRIPENI
Kapanewon : WATES
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55612
Telepon : 0274773230
Email : balaidesagiripeni@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:37
    Kemarin:359
    Total Pengunjung:285.381
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.227.140.138
    Browser:Mozilla 5.0